Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Catatan Ukhty: Cara Membuat Garam Laut
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Breaking News

Minggu, 30 Juli 2017

Cara Membuat Garam Laut

Cara Membuat Garam Laut
Membuat garam laut sendiri adalah cara yang bagus untuk membawa rasa dan bau dari pantai favorit Anda ke dalam dapur Anda. Garam yang diambil langsung dari lautan mengambil karakteristik dari lingkungannya, sehingga memungkinkan untuk menggabungkan esensi dari laut ke dalam masakan Anda. Untuk membuatnya, Anda memerlukan sumber yang air laut yang bersih dan waktu yang banyak, serta ruangan di dapur Anda. Lihat langkah pertama untuk belajar cara membuat garam laut Anda sendiri dari awal dan musim panen garam laut untuk menghasilkan berbagai macam rasa.
Metode 1 dari 2:

Membuat Garam Laut dari Awal


Cara Membuat Garam Laut
1. Pahami Prosesnya.
Pembuat garam komersial menghasilkan garam laut dalam skala yang jauh lebih besar daripada pembuat garam rumahan, tetapi mengetahui teknik komersial dapat meningkatkan pengetahuan dan cara pembuatan garam Anda. Berikut adalah cara yang mereka lakukan:

●   Kolam kecil diisi dengan air laut dan air didiamkan untuk menguap. Produk yang tersisa setelah semua air hilang adalah garam laut. Proses ini akan bekerja lebih baik pada daerah di mana ada banyak sinar matahari dan sedikit hujan.

●   Air garam disalurkan ke panci baja yang besar. Setiap lumpur atau kotoran akan terendap di bagian bawah dan sisa air baik akan disedot dan dipanaskan. Saat air dipanaskan, setiap busa yang terbentuk akan dibuang dari bagian atas air dan air akan terus menguap sampai hanya tersisa kristal garam.

●   Biasanya akan ditambahkan zat aditif. Pembuat garam laut komersial biasanya menambahkan kalsium dan magnesium ke dalam garam mereka untuk memberikan tambahan nutrisi dan rasa yang berbeda.


2. Kumpulkan Air Garam.
Air kaya akan garam dikumpulkan dari laut yang kaya akan garam atau tambak garam. Tergantung pada di mana air dikumpulkan, garam yang dihasilkan akan mengambil berbagai macam warna berdasarkan variasi dari mineral yang hadir dalam setiap lokasi masing-masing. Mengumpulkan beberapa air dari laut tidak akan memberikan garam dengan kualitas yang Anda harapkan, terutama untuk keperluan masak, karena salinitas rendah dari air, tetapi ada baiknya untuk bereksperimen dengan air dari berbagai sumber untuk mencari tahu mana yang menghasilkan garam terbaik.

●   Adalah sangat penting untuk mengumpulkan air garam dari sumber yang bersih. Jika Anda tahu daerah mana yang tercemar, jangan mengumpulkan air dari sana. Polusi udara, minyak dan limbah kimia, juga jenis-jenis polusi lain akan mempengaruhi rasa dan kualitas dari garam.

●   Jika suatu daerah aman untuk memancing, kemungkinan juga akan aman untuk mengasumsi bahwa air disana cukup bersih untuk panen garam.

●   Satu galon kaca atau plastik kendi adalah ukuran bagus untuk mengumpulkan air. Satu galon air akan menghasilkan sekitar 3 ons garam.


3. Saring Airnya.
Proses ini sangat diperlukan untuk menghilangkan pasir, kerang dan sedimen laut lain dari air sebelum Anda memanen garam. Gunakan kain katun tipis untuk menyaring garam dari air. Juga dapat menggunakan satu atau beberapa lapisan. Untuk lebih yakin bahwa kotoran sudah terbuang, saring air beberapa kali. Hal ini tidak akan mempengaruhi kandungan garam.


4. Biarkan Air Menguap.
Garam laut adalah suatu produk yang tidak akan hilang dari proses penguapan air garam. Rencanakan agar proses penguapan berlangsung setidaknya beberapa hari, dan biasanya beberapa minggu. Untuk pembuatan garam laut di rumah, Anda bisa menggunakan salah satu dari beberapa teknik.

●   Nyalakan oven Anda dalam pengaturan paling rendah. Tuangkan air ke dalam wadah dengan sisi yang tinggi dan masukkan ke dalam oven. Biarkan air perlahan menguap selama beberapa hari.[1]

●   Masukkan garam saringan Anda ke dalam panci dan rebus sampai semua air hilang. Biarkan sinar matahari membantu prosesnya. Ambil garam basah dari panci dan letakkan pada piring atau mangkuk. Biarkan di bawah sinar matahari untuk menguapkan semua air yang tersisa.
●   Tempatkan air saringan Anda ke dalam mangkuk atau piring dangkal dan biarkan untuk diam pada ruangan terbuka sehingga air dapat menguap. Apa yang tersisa saat semua air telah hilang adalah garam laut. Metode ini dapat memakan waktu beberapa minggu.



5. Panen Garam Yang Tersisa.
Anda akan melihat kerak yang mulai terbentuk saat air menguap. Gunakan sendok untuk mengikisnya dari wadah. Kristal garam akan berubah menjadi berbagai macam bentuk dan ukuran, dan akan memiliki warna yang berbeda berdasarkan dari mana Anda mengambil airnya.
●   Anda dapat memilih untuk menggilingnya menjadi tekstur lebih halus. Anda dapat menggunakan penggiling garam untuk melakukannya.
●  Nikmati garam dengan cara mencicipinya tanpa menambahkan apapun atau menggunakannya pada masakan Anda sehari-hari.

Metode 2 dari 2:

Membuat Garam Laut Berbumbu

1. Buat Garam Lemon.
Garam dapat dikombinasikan dengan berbagai macam rasa, dan lemon adalah salah satu dari yang terbaik. Garam dan sitrus digabungkan untuk menghasilkan bumbu yang dapat Anda gunakan pada setiap hidangan. Garam yang menyegarkan ini akan sempurna jika ditaburkan pada sayuran segar, salad, dan ikan:
●   Campurkan ½ cangkir garam laut, ½ cangkir jus lemon dan parutan dari 1 lemon ke dalam mangkuk.
●   Sebarkan campuran pada loyang.
●   Panggang dalam oven dengan pengaturan paling rendah hingga kelembaban menguap, beberapa jam atau semalaman.
●   Kikis garam lemon ke dalam wadah.


2. Buat Garam Bourbon.
Saat rasa asin dan manis digabungkan, rasanya akan menjadi sangat menggoda.[2] Dalam hal ini garam laut dicampurkan dengan bourbon dan sirup gula untuk menghasilkan rasa garam yang kaya dan lezat yang dapat Anda taburkan pada hidangan panggang Anda.

●   Didihkan 1 cangkir bourbon pada panci dengan api sedang sampai berkurang menjadi sekitar ¼ cangkir.
●   Campurkan bourbon yang sudah berkurang ukurannya, ½ cangkir garam laut dan ½ cangkir gula ke dalam pengolah makanan, teruskan hingga tekstur seperti pasir.
●   Sebarkan campuran ke dalam loyang.
●   Panggang dalam oven dengan pengaturan paling rendah hingga kelembapan menguap, beberapa jam atau semalaman.


3. Membuat Garam Asap.
Lain kali saat Anda ingin menyiapkan api untuk mengasapkan sebuah daging, tempatkan satu nampan berisi garam laut di sana juga. Biarkan garam laut untuk mengasap pada pembakaran selama beberapa jam, lalu tuangkan ke dalam wadah. Nikmati garam asap yang kaya akan rasa dan harum pada kentang panggang, pizza dan hidangan nikmat lainnya.

Demikian, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By