Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
Catatan Ukhty: Selama 10 Tahun, 1.062 Warga NTT Meninggal karena AIDS
Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

Breaking News

Kamis, 14 September 2017

Selama 10 Tahun, 1.062 Warga NTT Meninggal karena AIDS

Selama 10 Tahun, 1.062 Warga NTT Meninggal karena AIDS
Jurnalmuslim.com - Hingga saat ini masih belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit AIDS sampai benar-benar sembuh. Untuk itu, penyakit ini masih menjadi momok menakutkan bagi banyak orang.

Di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), untuk sepuluh tahun terakhir ini, ribuan nyawa harus melayang akibat terinfeksi virus mematikan tersebut.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan NTT sebanyak 1.062 warga NTT meninggal dunia karena HIV dan AIDS, sejak tahun 2005 hingga tahun 2015. Jumlah itu tersebar di 22 kabupaten.

“Sesuai data sudah seribu lebih yang meninggal akibat HIV dan AIDS,” kata Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) NTT dr Husein Pangkratius, kepada wartawan di Kupang, Selasa, (23/2).

Dari data tersebut, total penderita HIV dan AIDS di NTT telah mencapai 3.700 orang, dengan jumlah penderita HIV dan AIDS terbanyak terdapat di Kota Kupang dengan jumlah penderita sebanyak 744 orang penderita HIV dan AIDS. Diikuti Kabupaten Belu sebanyak 562 orang, 464 orang. Sedangkan jumlah korban meninggal terbanyak di Belu sebanyak 236 orang, Flores Timur 250 orang, dan Timor Tengah Selatan (TTS) 204 orang.

Menurut Husein, data yang disampaikan dinas Kesehatan NTT ini merupakan penderita yang tercatat, sedangkan yang tidak terdata masih sangat banyak dan jumlahnya lebih banyak dari data dinas kesehatan bagi pengidap HIV dan AIDS di NTT. “Jumlah penderita HIV dan AIDS yang tidak terperiksa jauh diatas itu,” katanya.

Husein mengungkapkan, banyak orang tewas yang diketahui menderita TBC, tapi ternyata juga menderita HIV atau AIDS. Karena itu, dia menyarankan agar warga yang menderita sakit yang tak kunjung sembuh setelah mengkonsumsi obat dari dokter, harus dilakukan pemeriksaan HIV dan AIDS menggunakan VCT. “Jangan sampai orang itu menderita HIV dan AIDS,” katanya.

Upaya pencegahan yang harus dilakukan, menurut dia, yakni dilakukan diagnosa HIV sejak dini sehingga tidak menyebar ke orang lain. “Periksa diri sedini mungkin agar tidak menular,” katanya.

Perlu diketahui, HIV atau Human immunodeficiency virus adalah suatu virus yang dapat menyebabkan penyakit AIDS. Virus yang merusak daya tahan tubuh dengan menyerang sistem kekebalan/imunitas tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi tidak berdaya dalam melawan infeksi.

AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome adalah sindrom atau infeksi yang timbul akibat virus HIV dan merusak sistem kekebalan tubuh manusia.

HIV adalah jenis virus yang rapuh. Tidak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia. HIV bisa ditemukan di dalam cairan tubuh dari orang yang terinfeksi. Cairan yang dimaksud adalah cairan sperma, cairan vagina, cairan anus, darah, dan ASI. HIV tidak bisa menyebar melalui keringat atau urin. (no/rey/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By